,

Dr. Ahmad Rajafi, M.HI Selaku Rektor IAIN Manado Mengikuti Evaluasi UM-PTKIN Tahun 2023

iainmanado.official- Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., mengikuti Evaluasi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2023 di Kota Batam, Kepulauan Riau, mulai tgl 03-05 Juli 2023. Kegiatan Evaluasi UM-PTKIN dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI dan dihadiri oleh para Rektor dari 58 PTKIN seluruh Indonesia.…

By.

min read

iainmanado.official- Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., mengikuti Evaluasi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2023 di Kota Batam, Kepulauan Riau, mulai tgl 03-05 Juli 2023.

Kegiatan Evaluasi UM-PTKIN dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI dan dihadiri oleh para Rektor dari 58 PTKIN seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut membahas proses pelaksanaan UM-PTKIN 2023 yang telah terlaksana, regulasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) nasional, dan kesiapan tim IT penyelenggara SSE sebagai dasar perumusan skema PMB PTKIN Tahun 2024.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendis Kemenag RI Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP. MT pada kesempatan ini memberikan apresiasinya terhadap kinerja panitia UM-PTKIN yang telah maksimal dalam menjalankan proses seleksi dari persiapan hingga selesai.

Direktur PTKI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. dalam sambutannya meminta para panitia untuk menyusun treatment khusus secara substantif untuk bagaimana jurusan Agama itu diminati oleh calon mahasiswa.

Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag, selaku ketua panitia Nasional PMB PTKIN juga mengucapkan terima kasih atas kinerja panitia serta melaporkan hasil inovasi selama proses PMB yang sudah dikembangkan.

Ketua forum pimpinan PTKIN, Prof. Dr. Mahmud, M.Si meminta kepada seluruh rektor yang hadir pada acara evaluasi tersebut untuk memberikan masukan serta ide yang nantinya akan digunakan sebagai rumusan acuan dalam penyelenggaraan PMB PTKIN tahun berikutnya.

Rektor IAIN Manado sendiri telah mengevaluasi berjalannya UM-PTKIN di internal, dari pantauan yang perlu dimaksimalkan ialah pengadaan PC akan ditambah agar sesi ujian dalam satu hari dapat menampung banyak peserta.


Rektor IAIN Manado juga sedang memantau sosialisasi PMB dan memastikan Masyarakat luas telah mengetahui bahwa sudah terdapat beberapa Prodi yang terakreditasi A dan Unggul. Beliau menegaskan bahwa IAIN Manado termasuk Perguruan Tinggi terbaik keempat di Sulawesi Utara. (Adm/AF)