Sinergi Silaturahmi, IAIN Manado dan BAZNAS Bahas MoU untuk Pemberdayaan dan Distribusi Beasiswa

Iainmanado.official – Dalam upaya meningkatkan sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara secara resmi mengadakan pertemuan silaturahmi dengan IAIN Manado dalam rangka membahas penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). MoU ini bertujuan untuk mendorong distribusi beasiswa serta pemberdayaan pengabdian mahasiswa seperti PPKT di BAZNAS Sulut. Pertemuan berlangsung di…

By.

min read

Iainmanado.official – Dalam upaya meningkatkan sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara secara resmi mengadakan pertemuan silaturahmi dengan IAIN Manado dalam rangka membahas penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). MoU ini bertujuan untuk mendorong distribusi beasiswa serta pemberdayaan pengabdian mahasiswa seperti PPKT di BAZNAS Sulut.

Pertemuan berlangsung di ruang Rektor IAIN Manado pada hari Jumat, 04 Agustus 2023. Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., didampingi dengan Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI., Wakil Rektor II, Dr. Salma, M.HI., dan Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag. Pertemuan ini membahas berbagai poin penting, termasuk strategi distribusi zakat, kerja sama yang saling memberikan manfaat, dan peran Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Manado dalam menjaga sinergitas dengan BAZNAS.

IAIN Manado, yang telah diakui sebagai salah satu ikon pendidikan Islam di Sulut, menghadapi tantangan tersendiri dalam hal pemenuhan beasiswa bagi mahasiswanya.
Sejak tahun 2020 hingga 2023 tercatat mahasiswa IAIN Manado menerima beasiswa dari Baznas. Oleh karena itu, MoU ini diharapkan dapat memberikan manfaat bersama antara IAIN Manado dan BAZNAS dalam hal distribusi beasiswa dan pengetahuan mengenai pola organisasi yang baik, penelitian, dan pendidikan.

Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., menyatakan bahwa MoU ini tidak hanya sebatas seremonial serah terima naskah, tetapi ia berharap ada efektivitas dan kemanfaatan yang berkelanjutan dari kesepakatan tersebut. MoU ini akan memungkinkan mahasiswa IAIN Manado untuk mendapatkan akses menambah pengetahuan di BAZNAS, sehingga mereka dapat mengembangkan diri dengan lebih baik.

“Tentu saja, keberadaan beasiswa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa IAIN Manado, tetapi kami juga ingin menciptakan lingkungan yang mendukung peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan pemberdayaan bagi mahasiswa,” ujar Rektor
Dalam rakornas yang dijadwalkan awal September mendatang, pola zakat IAIN Manado akan dipelajari lebih lanjut guna memastikan bahwa distribusi zakat berjalan efektif dan menguntungkan bagi penerima manfaat. Selain itu, kesepakatan MoU merupakan ranah bidang warek 3, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag dalam menyusun kerangka MoU nantinya.

Kedua belah pihak berharap dengan adanya MoU ini, sinergi antara IAIN Manado dan BAZNAS Sulut dapat terjaga dengan baik dan membawa manfaat yang berkelanjutan bagi pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Keduanya sepakat untuk terus mempelajari pola MoU yang akan disusun sebelum penandatangan MoU. (Adm/AF)