Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa Mempererat Sinergi dengan Rektor IAIN Manado dalam Kolaborasi Sebagai Narasumber di Fakultas Syari’ah

iainmanado.official- Dalam semangat untuk memperkuat hubungan antar lembaga serta meningkatkan pemahaman mengenai praktik zakat, Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Prof. Dr. Drs. KH. Muh. Amin Suma, BA., SH., MA., MM, dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, telah melakukan pertemuan silaturahim dengan Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Pertemuan ini juga diiringi oleh niatan untuk…

By.

min read

iainmanado.official- Dalam semangat untuk memperkuat hubungan antar lembaga serta meningkatkan pemahaman mengenai praktik zakat, Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Prof. Dr. Drs. KH. Muh. Amin Suma, BA., SH., MA., MM, dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, telah melakukan pertemuan silaturahim dengan Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Pertemuan ini juga diiringi oleh niatan untuk mengkolaborasikan kegiatan yang terkait dengan tema “Ekosistem Zakat untuk Keberlangsungan Ekonomi Bangsa” di Fakultas Syari’ah pada hari Rabu, 09 Agustus 2023.

Nampak membersamai Rektor IAIN Manado yaitu Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI dan Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag.

Ketua Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Prof. KH. Muh. Amin Suma, merupakan sosok yang memiliki keahlian mendalam dalam ilmu syariah dan ekonomi Islam. Ia telah lama berdedikasi untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik mengenai praktik zakat, serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya zakat dalam aspek sosial dan ekonomi. Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah ini telah terlibat dalam banyak proyek riset dan pengajaran terkait zakat.

Pertemuan silaturahim dengan Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., adalah langkah awal dalam menjalin kemitraan yang lebih erat dalam pengembangan pemahaman dan praktik zakat salah satunya melalui kegiatan seminar ini.

Kolaborasi yang diusulkan akan berfokus pada kegiatan yang terkait dengan ekosistem zakat seperti kegiatan seminar, lokakarya, dan diskusi-panel yang akan melibatkan para pakar, praktisi, serta mahasiswa dalam memahami konsep zakat, peran zakat dalam ekonomi Islam, serta implikasinya dalam peningkatan kesejahteraan sosial.

Diharapkan melalui kegiatan ini, sinergi antara Dompet Dhuafa dan IAIN Manado dapat menghasilkan dampak positif dalam pemahaman dan implementasi zakat di tengah masyarakat. Kegiatan kolaboratif ini juga diharapkan dapat memberi kontribusi nyata dalam mengatasi berbagai tantangan sosial dan ekonomi melalui praktik zakat yang berkesinambungan. (Adm/AF)