Penuh Semangat! MAPALA IAIN Manado Luncurkan Gerakan Penanaman 200 Bibit Pohon Mangrove di Pantai Kima Bajo

iainmanado.official- Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Bumi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, yang dipimpin oleh Andika Muhammad Nur Ismail, merangkul semangat kepedulian lingkungan dengan menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove di pesisir Pantai Kima Bajo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen MAPALA IAIN Manado dalam menjaga…

By.

min read

iainmanado.official- Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Bumi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, yang dipimpin oleh Andika Muhammad Nur Ismail, merangkul semangat kepedulian lingkungan dengan menyelenggarakan kegiatan penanaman mangrove di pesisir Pantai Kima Bajo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen MAPALA IAIN Manado dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir.

Kegiatan berlangsung meriah dengan dihadiri oleh para pengurus MAPALA, perwakilan dari organisasi mahasiswa (ormawa) tiap fakultas, Remaja Masjid Kima Bajo, organisasi binaan MAPALA bernama Komunitas Pecinta Alam Gumpala dan PPAB Everest, perangkat swadaya masyarakat (swsa), dan Ketua Badan Takmir Masjid (BTM) Masjid Kima Bajo. Tak hanya itu, kehadiran yang sangat berarti adalah Wakil Rektor III IAIN Manado, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, yang juga turut berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan penanaman mangrove.

Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag menanam pohon Mangrove

Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, menunjukkan komitmen IAIN Manado terhadap isu lingkungan dengan turun langsung tangan dalam penanaman pohon mangrove. Kehadiran beliau juga menjadi inspirasi bagi seluruh peserta kegiatan untuk semakin giat dalam mendukung pelestarian lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak desa, yang diwakili oleh Pak Amran Kabaena. Dukungan dari berbagai lapisan masyarakat menjadi cermin bahwa pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

Andika Muhammad Nur Ismail, selaku ketua MAPALA IAIN Manado, menyampaikan, “Kegiatan ini adalah wujud nyata dari semangat kepedulian kami terhadap lingkungan. Kami berharap penanaman mangrove ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pesisir Pantai Kima Bajo, serta menginspirasi semua pihak untuk terlibat aktif dalam pelestarian alam.”

Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi langkah konkrit dalam merespons tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Melalui kolaborasi dan keterlibatan lintas sektor, seperti MAPALA, ormawa, masyarakat, dan pihak akademis, diharapkan upaya pelestarian lingkungan semakin mendapat dukungan dan perhatian yang lebih besar. (Adm/AF)