,

Rektor IAIN Manado Beri Arahan Berharga pada Peserta PBAK 2023

Iainmanado.official- Acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2023 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado pada hari pertama tgl 18 Agustus 2023 dimulai dengan arahan yang berharga dari Rektor , Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Dalam sambutannya, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI memberikan beberapa poin penting kepada para peserta PBAK, mengajak mereka untuk mengenal kampus…

By.

min read

Iainmanado.official- Acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2023 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado pada hari pertama tgl 18 Agustus 2023 dimulai dengan arahan yang berharga dari Rektor , Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Dalam sambutannya, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI memberikan beberapa poin penting kepada para peserta PBAK, mengajak mereka untuk mengenal kampus secara mendalam dan menjadi mahasiswa yang berbudi pekerti.

  1. Kenali Kampus dan Semua Pihak Terkait: Rektor menekankan pentingnya mengenal kampus dengan baik. “Untuk mengenal kampus kita harus mengenal terlebih dahulu pimpinannya, dosen-dosen, pejabat, organisasi, maupun teman-teman mahasiswa,” ujar Pak Rektor. Dalam menjalani masa perkuliahan, pengenalan akan semua elemen ini akan membantu mahasiswa dalam beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan kampus secara lebih efektif.
  2. Jati Diri Muslim yang Baik: Rektor juga mengajak para mahasiswa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam aktivitas sehari-hari. “Apa yang dilakukan mahasiswa mencerminkan jati diri muslim yang baik,” tegas Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Mahasiswa diingatkan untuk senantiasa menjaga akhlak dan etika yang baik sebagai representasi dari nilai-nilai agama.
  3. Pelajari Profil Kampus dan Organisasi Kemahasiswaan: Rektor mendorong peserta PBAK untuk mendalami profil kampus, fakultas, dan program studi yang mereka ikuti. Selain itu, Rektor juga memperkenalkan dengan singkat berbagai organisasi kemahasiswaan yang aktif di IAIN Manado. “Peluang mengasah keterampilan dan berkontribusi lebih besar ada dalam berbagai organisasi ini,” tambahnya.
  4. Mengenal Potensi Tahfidz: Rektor memilih momen ini untuk mengidentifikasi mahasiswa yang memiliki kemampuan tahfidz (menghafal Al-Qur’an) dan mempersilahkan mereka untuk memperkenalkan diri serta asal sekolah dan program studi yang diambil. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI menyarankan mahasiswa tahfidz untuk mengambil peluang beasiswa yang tersedia di IAIN Manado, serta mengenalkan beasiswa lain yang dapat membantu mahasiswa dalam mengejar prestasi akademik.

Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., juga menekankan pentingnya ikatan persaudaraan dan saling mendukung di antara sesama mahasiswa. “Kita semua adalah keluarga besar IAIN Manado, mari menjaga harmoni dan saling membantu,” tutupnya dengan semangat.

Beliau juga melakukan tanya jawab dengan mahasiswa baru peserta PBAK Tahun 2023 dan memberikan hadiah berupa buku kepada mahasiswa baru yang dapat menjawab pertanyaan dari beliau.

Kontributor : FH

Editor : AF