Delegasi IAIN Manado Ikuti Rapat Koordinasi Pengelola Sindikasi Media Online PTKI “Launching Media Induk PTKI (Arina.id)“

iainmanado.official-Di tengah semarak kemerdekaan, peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia, Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Rapat Persiapan Launching Sindikasi Media PTKI pada tanggal 17 – 18 Agustus 2023 di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta, dan mengundang 79 Pengelola Sindikasi Media online PTKI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MT,…

By.

min read

iainmanado.official-Di tengah semarak kemerdekaan, peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia, Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Rapat Persiapan Launching Sindikasi Media PTKI pada tanggal 17 – 18 Agustus 2023 di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta, dan mengundang 79 Pengelola Sindikasi Media online PTKI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MT, direktur PTKI Prof. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, Kasubdit Penelitian dan PKM Muhammad Aziz Hakim, MH, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo serta Tim Sindikasi Media Direktorat PTKI.

Dalam Kesempatan tersebut, Mas Inung (sapaan akrab Prof. Ahmad Zainul Hamdi) mengingatkan kembali bahwa Media Keislaman Online PTIKI memiliki peran strategis dalam menysiarkan ajaran islam yang  rahmatan lil alalmin , dibanding dengan website yang saat ini dimiliki oleh kampus PTKI. Oleh karenanya perlu untuk membangun jejaring “sindikat” media online PTIK agar pengarusutamaan moderasi beragama lebih efektif dan efisien. Potensi – potensi tersebut semestinya dapat dikanalisasi untuk mendukung tercapainya visi misi Kementerian Agama. Di lain sisi, Wibowo menyampaikan kampus PTKI sebagai episentrum ilmu pengetahuan memiliki sumber referensi dan kepustakaan yang memadai untuk menghasilkan tulisan – tulisan populer yang diminati oleh generasi masa kini. Konten – konten media dapat dihasilkan dari kajian, riset dan penelitian dosen atau mahasiwa yang telah diolah kembali dalam tulisan populer. Prof. M. Ali Ramdhani, sebelum membuka kegiatan menegaskan bahwa Arina.id yang dikelola oleh Dikstis dapat menjadi role model bagi media online PTKI untuk dapat berkembang baik dari aspek tampilan, pengelolaan, dan penulisan.

LP2M IAIN Manado mengutus Rafiud Ilmudinulloh, M.Pd, pengelola sindikat media online sahabatreligi.com, dalam rangka menyamakan persepsi terkait arah pengembangan media online, dan membangun jejaring media untuk menyebarluaskan berita, informasi dan tulisan populer.  Menurut Yunus, tim Sindikasi Media Diktis, ada dua hal penting yang perlu dibenahi oleh seluruh pengelola media dalam waktu dekat ini yakni tampilan dan konten. Sebagian besar sindikasi media online PTKI memiliki tampilan website di bawah standar dengan kuantitas tulisan populer yang terbatas. Oleh karenanya perlu ada bimbingan teknis baik di level managerial maupun redaksional untuk menghasilkan media yang terpercaya, dan diminati. Sejalan dengan itu, di akhir sesi kegiatan, staf khusus menteri agama menyampaikan bahwa permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pengelola sindikasi media online PTKI akan diteruskan ke Menteri Agama agar segera dapat teratasi, terutama terkait pendanaan dan pengembangan kapasitas pengelola sindikasi media online PTKI.

Penulis : R.I

Editor: AF