,

PBAK Fakultas Syari’ah IAIN Manado 2023: Mengawali Perjalanan Akademik dengan Semangat Baru

iainmanado.official- Mahasiswa baru Fakultas Syari’ah (FASYA) IAIN Manado memulai perjalanan akademik tahun ini dengan pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) yang diselenggarakan di Fakultas Syariah pada tgl 19 Agustus 2023. Acara pembukaan PBAK Fakultas Syari’ah ini dirangkaikan dengan semaraknya peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dekan FASYA, Prof. Dr. Rosdalina, M.Hum, membuka acara ini dengan arahan inspiratif…

By.

min read

iainmanado.official- Mahasiswa baru Fakultas Syari’ah (FASYA) IAIN Manado memulai perjalanan akademik tahun ini dengan pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) yang diselenggarakan di Fakultas Syariah pada tgl 19 Agustus 2023. Acara pembukaan PBAK Fakultas Syari’ah ini dirangkaikan dengan semaraknya peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dekan FASYA, Prof. Dr. Rosdalina, M.Hum, membuka acara ini dengan arahan inspiratif yang penuh semangat.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Rosdalina, M.Hum, menegaskan pentingnya para mahasiswa memahami dan mengenal dengan baik segala bentuk budaya akademik dan fakultas yang ada di dalam lembaga kampus. Beliau menyampaikan, “Mengetahui budaya akademik dan seluruh aspek fakultas adalah kunci dalam menempuh perjalanan studi di kampus ini. Ini akan menjadi landasan bagi kalian untuk mengembangkan potensi diri dan berintegrasi dalam lingkungan akademik dengan baik,”ujarnya.

Salah satu poin penting yang ditekankan dalam sambutan Dekan adalah Darma Kampus. Beliau mengajak mahasiswa untuk memahami konsep pembebasan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai tanggung jawab bersama. “Sebagai bagian dari kampus ini, kalian memiliki tanggung jawab untuk mengabdi kepada masyarakat melalui penelitian dan pengabdian yang nyata. Ini adalah wujud nyata dari nilai-nilai keislaman yang kita anut,” tambah Prof. Dr. Rosdalina.

Dalam menjalani kehidupan kampus, mahasiswa diingatkan untuk patuh terhadap seluruh peraturan yang ada dalam lembaga kampus. Beliau menekankan bahwa kedisiplinan dan tanggung jawab adalah pondasi penting dalam membentuk karakter yang unggul dan profesional.

Dekan juga menyoroti tentang berpakaian yang wajar, sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai akademik dan lingkungan kampus. “Pakaian yang sopan dan rapi mencerminkan sikap hormat kita terhadap proses belajar-mengajar serta lingkungan akademik. Ini adalah cerminan dari keseriusan kita dalam meniti perjalanan pendidikan,” jelas Prof. Dr. Rosdalina.

Terakhir, Prof. Dr. Rosdalina mendorong mahasiswa untuk memiliki akses dan keterlibatan aktif dalam perkuliahan maupun organisasi dan menorehkan prestasi. Kemudian kemajuan teknologi memungkinkan mahasiswa terhubung dengan informasi terkini dan mengikuti berbagai proses administratif dengan lebih efisien.

PBAK Fakultas Syari’ah IAIN Manado tahun 2023 menjadi momen penting yang memotivasi para mahasiswa untuk mengawali perjalanan akademik mereka dengan semangat baru. Semua pesan dan arahan dari Dekan FASYA memberikan landasan kuat bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri, berkontribusi dalam masyarakat, dan menjalani studi dengan sukses.

Kontributor: Multimedia PBAK 2023
Editing: AF