Puncak Kebanggaan di IAIN Manado: Rektor Soroti Prestasi dan Rencana Masa Depan pada Wisuda Ke-XI

Iainmanado.official – Wisuda ke-XI IAIN Manado tahun 2023 berlangsung meriah di Sutanraja Hotel pada Selasa, 22 Agustus 2023. Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka. Acara tersebut dihadiri oleh anggota senat IAIN Manado, tamu undangan VIP, dua pendamping setiap wisudawan/wisudawati…

By.

min read

Iainmanado.official – Wisuda ke-XI IAIN Manado tahun 2023 berlangsung meriah di Sutanraja Hotel pada Selasa, 22 Agustus 2023. Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota senat IAIN Manado, tamu undangan VIP, dua pendamping setiap wisudawan/wisudawati dan civitas akademika IAIN Manado.

Sebagai informasi bahwasannya jumlah peserta wisudawan/wisudawati sebanyak 470 diantaranya dari Pascasarjana 58 wisudawan, Fasya 66 wisudawan, FTIK 197, FUAD 38 wisudawan dan FEBI 111 wisudawan. adapun Wisudawan terbaik dan tercepat sebanyak 5 orang dari Pascasarjana, Fasya, FTIK, FEBI dan FUAD

Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, dalam sambutannya, menegaskan betapa istimewanya wisuda kali ini. Beliau mengungkapkan bahwa keistimewaan ini berkaitan dengan orasi ilmiah yang akan disampaikan oleh Pak Wali Kota dalam acara tersebut. Rektor juga menyampaikan rasa syukur atas kesehatan seluruh anggota senat IAIN Manado, yang merupakan organ penentu dalam pelaksanaan kebijakan Institusi.

Rektor juga menyoroti pentingnya kemitraan dengan anggota senat dalam mengelola tri dharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ia menekankan bahwa kemitraan ini mendorong kegiatan yang kreatif dan inovatif, sehingga IAIN Manado dapat terus berkembang.
Sebagai bukti kemajuan Institusi, Rektor berbagi kabar gembira bahwa IAIN Manado telah memiliki tiga guru besar. Ia memohon doa untuk penambahan guru besar yang akan datang dalam waktu dekat.
Rektor tidak lupa mengapresiasi peran orang tua, suami, istri, dan pendamping lainnya dalam perjalanan mahasiswa meraih gelar. Ia menyatakan keyakinannya bahwa para wisudawan dan wisudawati hari ini telah siap menjadi Sarjana dan Magister yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Rektor mengajak seluruh wisudawan dan wisudawati untuk menjalani hidup yang terus penuh pembelajaran. Ia mengingatkan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan pendidikan, tetapi langkah awal untuk mengisi peran sebagai generasi penerus. Rektor juga mengajak semua pihak untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mensosialisasikan IAIN Manado dan berupaya bersama-sama membesarkan Institusi ini.

Selama acara wisuda, Rektor juga mengumumkan bahwa IAIN Manado telah memiliki lima program studi dengan akreditasi unggul dan berencana untuk mengembangkan kampus kedua di Minahasa Utara, Wori. Kampus tersebut akan didukung oleh SBSN Kemenag. Di tahun 2024, direncanakan akan dibangun gedung terpadu yang di lantai bawah mampu menampung 1500 orang. IAIN Manado juga berharap dapat beralih menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sulawesi Utara serta menjadi Badan Layanan Umum (BLU) untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama administrasi.

Acara ditutup dengan penghormatan kepada Rektor dan semangat serta harapan yang diwujudkan melalui pantun yang menggambarkan perjuangan dan dedikasi para wisudawan dan wisudawati. Selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, semoga langkah berikutnya dalam hidup mereka dipenuhi dengan kesuksesan, kebahagiaan dan keberkahan. (Adm/AF)