Mengoptimalkan Pengelolaan Akademik: TIPD IAIN Manado Memperkenalkan SiakadCloud kepada Mahasiswa Baru Tahun 2023

iainmanado.official- TIPD (Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) IAIN Manado gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi SiakadCloud yang diselenggarakan pada hari Senin, 28 Agustus 2023 di gedung Teater Syari’ah. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa baru (maba) tahun 2023, yang siap memulai perjalanan akademik mereka di IAIN Manado. Moderator acara, Rudiyanto Rahmat Goni, S.Kom., yang juga…

By.

min read

iainmanado.official- TIPD (Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) IAIN Manado gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi SiakadCloud yang diselenggarakan pada hari Senin, 28 Agustus 2023 di gedung Teater Syari’ah. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa baru (maba) tahun 2023, yang siap memulai perjalanan akademik mereka di IAIN Manado.

Moderator acara, Rudiyanto Rahmat Goni, S.Kom., yang juga merupakan anggota tim TIPD, dengan penuh semangat memandu jalannya acara. Dalam sambutannya, Nur Fadli Utomo, M.Pd., selaku kepala TIPD memberikan penjelasan penting tentang administrasi akademik berbasis sistem informasi, yang akan memastikan bahwa seluruh proses kegiatan akademik berjalan dengan berintegritasi dan terintegrasi.

Mahasiswa baru IAIN Manado melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mengambil sesi acara Bimtek dan Sosialisasi SiakadCloud.  Terpantau kegiatan tersebut terbagi menjadi tiga sesi, sesi pertama dan sesi kedua mulai hari ini sedangkan  untuk sesi ketiga untuk mahasiswa reguler yang akan dilaksanakan hari kamis mendatang.

Maba IAIN Manado disambut oleh atmosfer penuh antusiasme dan semangat dalam memahami konsep SiakadCloud. Dr. Salma, M.HI., Wakil Rektor II, tak hanya memberikan sambutan, tetapi juga membuka secara resmi acara Bimtek dan Sosialisasi SiakadCloud. Dalam sambutannya, Dr. Salma, M.HI, menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia berharap para mahasiswa dapat mengikuti semua tahapan Bimtek dari awal hingga akhir, sehingga mereka dapat memahami betul cara mengelola dan mengisi data terkait informasi pendidikan, seperti data dosen dan mahasiswa, kurikulum, rekaman perkuliahan, hingga jadwal kuliah.

SiakadCloud diharapkan menjadi media yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengelola informasi akademik mereka. Mahasiswa akan dapat dengan mudah mengakses dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) sesuai dengan tata cara yang dijelaskan. Selain itu, mahasiswa juga akan dapat melihat dan memantau Kartu Hasil Studi (KHS) mereka setiap semester, memastikan mereka tetap terinformasi dengan perkembangan akademik mereka.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen TIPD IAIN Manado dalam memberikan layanan akademik yang berkualitas dan modern bagi para mahasiswa. Dengan adanya SiakadCloud, diharapkan proses administrasi akademik akan semakin efisien dan transparan, serta memberikan para mahasiswa media yang mudah untuk mengelola studi mereka dengan baik. (Adm/AF)