IAIN Manado Mitra Strategis Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Meningkatkan Partisipasi dan Pengawasan Pemilu

Iainmanado.official- Hari Selasa, 05 September 2023, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.Hi menerima kunjungan para pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara di ruangannya. Audiensi tersebut dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar lembaga sekaligus untuk menjalin kerjasama yang erat dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan mengawasi pelaksanaannya. Dalam kunjungannya ke IAIN Manado, Bawaslu dipimpin oleh…

By.

min read

Iainmanado.official- Hari Selasa, 05 September 2023, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.Hi menerima kunjungan para pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara di ruangannya. Audiensi tersebut dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar lembaga sekaligus untuk menjalin kerjasama yang erat dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan mengawasi pelaksanaannya.

Dalam kunjungannya ke IAIN Manado, Bawaslu dipimpin oleh Steffen S. Linu (Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas), Hadir pula Erwin F. Sumampouw (Koordinator SDM, Organisasi, dan Diklat), juga didampingi Anggray Sari Mokoginta (Kepala Bagian Pengawasan dan Humas), Bersama para Koordinator Sub Bagian dan Staff yakni Yoan Rasu, Reno Bakara, dan Zainudin Pai. Sedangkan pejabat yang turut mendampingi Rektor IAIN Manado dalam pertemuan ini adalah Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI, Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, serta Pranata Humas, Anis Fitrohatin, S.Pd, M.Pd, dan Staf Rektor Rahman Mantu, M.Hum.

Steffen S. Linu mengapresiasi Rektor IAIN Manado yang berkenan menerima kunjungan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara. Menurutnya Bawaslu membutuhkan Kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pemilu dan IAIN Manado merupakan salah satu mitra strategis Bawaslu dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kelembagaan.

Steffen S. Linu lanjut mengatakan, “Pengawasan partisipatif ini perlu diketahui oleh publik secara luas bahkan masyarakat harus diedukasi akan hal ini”. Karena itu kampus sebagai pusat intelektual diharap bisa memberi input kepada Bawaslu melalui kajian keilmuan berupa riset-riset dalam mengatasi berbagai isu-isu kepemiluan. Kami berharap IAIN Manado membantu memberikan pendidikan pengawasan partisipatif melalui pelatihan-pelatihan pengawasan pemilu, nanti akan ditindaklanjuti melalui kesepakatan Bersama”.

Selain itu, Bawaslu juga siap untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin melakukan magang atau praktek lapangan. Ini merupakan langkah penting untuk memperluas pemahaman mahasiswa tentang proses pemilu dan kerja pengawasan.

Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.Hi, menyambut baik inisiatif Bawaslu dan menyebutnya sebagai langkah yang strategis untuk pengembangan IAIN Manado kedepan. Dalam kesempatan tersebut Rektor IAIN Manado menyampaikan bahwa mahasiswa perlu diberi pemahaman serta pengetahuan tentang pengawasan partisipatif jelang pemilu, akan sangat baik jika ada dalam bentuk pelatihan-pelatihan, seminar bahkan kalau bisa magang di Bawaslu, mengingat tantangan Institusi Pendidikan akan semakin berat pasca keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan kampanye menggunakan fasilitas Pendidikan, hal ini akan rentan memicu ketegangan dan perlu ada antisipasi, karena itu penting bekerjasama dengan Bawaslu. Rektor juga akan berupaya menghimbau mahasiswa untuk berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilu berlangsung.

Pertemuan ini menjadi momentum dirumuskannya MoU serta Perjanjian Kerjasama antara IAIN Manado dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara. Urgensi  jalinan Kerjasama tersebut tidak lain adalah memperkaya pengalaman wawasan mahasiswa mewujudkan pemilu yang lebih aman, adil, dan transparan di masa depan.