Expo Kemandirian Pesantren Tahun 2023: Produk Kreativitas Pesantren Memukau di IAIN Manado

iainmanado.official-IAIN Manado menjadi tuan rumah untuk acara yang sangat istimewa, yakni Expo Kemandirian Pesantren dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2023. Acara ini berlangsung mulai tanggal 22 hingga 24 Oktober 2023, dan diikuti oleh sepuluh pesantren yang telah mendapatkan inkubasi dari pemerintah, termasuk di antaranya: PP Nahdlatul Khairat Bolmong PP Al Luthfi Lolanan Bolmong…

By.

min read

iainmanado.official-IAIN Manado menjadi tuan rumah untuk acara yang sangat istimewa, yakni Expo Kemandirian Pesantren dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2023. Acara ini berlangsung mulai tanggal 22 hingga 24 Oktober 2023, dan diikuti oleh sepuluh pesantren yang telah mendapatkan inkubasi dari pemerintah, termasuk di antaranya:

  1. PP Nahdlatul Khairat Bolmong
  2. PP Al Luthfi Lolanan Bolmong
  3. PP Salafiyah Miftahul Khoir Buyat
  4. PP Nizamudin Boltim
  5. PP Arafah Bitung
  6. PP Tahfidzul Qur’an Al Mukhlasin
  7. PP Karya Pembangungan Manado
  8. PP Darul Istiqamah Manado
  9. PP Alkhairat Manado
  10. PP Hidayatullah TomohonM

Mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Manado pun ikut memeriahkan hari santri dengan melaksanakan Expo Kemandirian Pesantren pula. adapun barang yang mereka pamerkan berupa makanan seperti es pisang ijo, rica roa, es teler dll.

Acara ini diresmikan dengan meriah oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut, Sarbin Sehe, M.Pd.I., yang memberikan dukungan penuh kepada pesantren-pesantren yang mengikuti Expo ini. Beliau menjelaskan bahwa Expo Kemandirian Pesantren akan menampilkan berbagai produk hasil kreativitas dari masing-masing pesantren, termasuk pakaian, sarung, kaos, makanan khas, dan produk lainnya yang dipamerkan pada stand masing-masing.

Tidak hanya pesantren, Expo ini juga melibatkan PP Al Jamiah IAIN Manado dan fakultas-fakultas di IAIN Manado yang turut memeriahkan acara ini. Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., dengan penuh semangat mendukung pelaksanaan Expo Kemandirian Pesantren tahun 2023 selama tiga hari penuh di kampus IAIN Manado.

Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk memamerkan hasil kreasi pesantren, tetapi juga sebagai perayaan kemandirian dan potensi besar yang dimiliki oleh pesantren-pesantren di wilayah ini. Expo ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren-pesantren mampu berperan aktif dalam pengembangan ekonomi lokal serta berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar. (Adm/AF)