IAIN Manado Gelar Peningkatan Kompetensi Dosen Bersama Prof. Dr. Abd. Mujib, M.Ag., M.Si

iainmanado.official – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar kegiatan penting dalam rangka peningkatan kompetensi dosen dengan menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. Abd. Mujib, M.Ag., M.Si (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 09 November 2023, di gedung Theater Syariah lantai 4, yang dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan, termasuk para…

By.

min read

iainmanado.official – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar kegiatan penting dalam rangka peningkatan kompetensi dosen dengan menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. Abd. Mujib, M.Ag., M.Si (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 09 November 2023, di gedung Theater Syariah lantai 4, yang dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan, termasuk para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, kepala Unit dan Lembaga, serta para dosen IAIN Manado. Adapun moderator kegiatan ini ialah Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I.

Dalam acara ini, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan dengan penuh semangat. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dorongan bagi dosen IAIN Manado untuk segera mengurus kenaikan pangkat mereka, kemudian kolaborasi dalam penulisan bersama, terutama dengan tujuan meningkatkan tingkat akreditasi penelitian “litapdimas” menjadi tingkat internasional.

Rektor Ahmad Rajafi juga menekankan pengetahun perubahan sistem dan pengembangan guru besar. Kuota guru besar telah ditentukan sehingga penjelasan dari pemateri nantinya akan memberikan pencerahan bagi kita semua. Proses kenaikan jabatan guru besar akan mengacu pada rumpun ilmu yang ada, dan polarisasi akan menjadi bagian dari proses ini. Kegelisahan terkait status dosen, seperti asisten ahli, lektor, atau lektor kepala, akan dijelaskan nantinya. Kemudian Rektor Ahmad Rajafi sangat mendukung para dosen dalam pencapaian karir tertinggi yaitu sebagai Guru Besar.

Prof. Dr. Abd. Mujib, M.Ag., M.Si., narasumber utama dalam acara ini, mengemukakan pandangan menarik tentang karir dosen dengan pernyataan bahwa “Karir merupakan video bukan potret.” Pemahaman yang mendalam tentang perjalanan karir yang dinamis menjadi salah satu poin penting yang dibagikan dalam presentasinya.

Beliau menyampaikan bahwa seorang Dosen itu lulusan Magister akan resah ketika belum Doktor dan seorang Doktor akan resah jika belum Profesor dan seorang Profesor akan resah jika tidak ada yang mengundangnya. Jadi kualitas seorang dosen itu juga penting bukan hanya dilihat dari sekedar pangkat jabatan yang diraih.

Prof. Mujib juga sangat mengapresiasi Rektor IAIN Manado yang sangat memperhatikan karir para dosen-dosen IAIN Manado, beliau ingin dosen-dosen semangat mengurus haknya yaitu kenaikan pangkat termasuk sangat mendukung agar dosen-dosen IAIN Manado yang meraih Guru Besar.

Kegiatan tersebut ditutup denga tanya jawab interaktif dari peserta kegiatan. Kegiatan ini mencerminkan komitmen IAIN Manado dalam meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pendidikan tinggi, dengan dukungan penuh dari Rektor Ahmad Rajafi, yang menekankan bahwa setiap dosen memiliki kesempatan untuk mencapai tingkat guru besar. Meningkatkan kompetensi dosen merupakan langkah penting dalam memajukan pendidikan di IAIN Manado. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan