Inovasi Penelitian Unggulan: LP2M IAIN Manado Gelar Workshop Inkubasi Proposal Litapdimas 

iainmanado.official-Pada Kamis, 28 Desember 2023, IAIN Manado melalui LP2M menggelar kegiatan workshop Inkubasi Proposal Litapdimas di gedung Terpadu. Narasumber utama, Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes dari UIN Alauddin Makassar, memberikan wawasan dalam penyusunan proposal. Ketua Panitia, Dr. Edi Gunawan, M.HI, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mendampingi Dosen, JFT, dan Pustakawan untuk menyusun proposal Litapdimas…

By.

min read

iainmanado.official-Pada Kamis, 28 Desember 2023, IAIN Manado melalui LP2M menggelar kegiatan workshop Inkubasi Proposal Litapdimas di gedung Terpadu. Narasumber utama, Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes dari UIN Alauddin Makassar, memberikan wawasan dalam penyusunan proposal.

Ketua Panitia, Dr. Edi Gunawan, M.HI, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mendampingi Dosen, JFT, dan Pustakawan untuk menyusun proposal Litapdimas agar bisa lolos nantinya. Batas pengajuan proposal adalah 8 Januari 2024, dan peserta akan diberikan tips dan  trik oleh Narasumber untuk memastikan kelulusan proposal yang akan diajukan.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop ini. Rektor menekankan agar penelitian mengikuti arah kebijakan kampus, terutama dalam mempromosikan multikulturalisme dan moderasi beragama melalui Sulawesi Utara dan IAIN Manado.

Pentingnya menghindari plagiasi juga disoroti dalam workshop ini. Peserta diingatkan untuk memperhatikan kluster penelitian, mengajak beberapa pegawai IAIN Manado untuk kolaborasi dengan pihak eksternal mengajukan proposal penelitian ke tingkat nasional, dan mengarahkan substansi penelitian sesuai dengan kebijakan kampus.

Misalnya, dalam penelitian tentang PBA, perlu mengambil bagian Filosofi bahasa Arab, tidak hanya fokus pada pendidikan, namun juga sesuai konstruk proposal yang telah ditentukan.

Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes memberikan tips bagaimana membuat sebuah proposal penelitian yang diajukan nanti dapat lolos seperti membuat judul yang begitu menarik kemudian di latar belakang diharapkan menggambarkan pengalaman empirik penulis.

Kegiatan pembukaan ditutup dengan doa, sebagai harapan kesuksesan bagi semua peserta dan keberhasilan proposal-proposal yang akan diajukan. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan