Rektor IAIN Manado Hadiri Pembahasan Pembentukan KDEKS Prov. Sulut

iainmanado.official – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, hadir dalam pembahasan pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Utara. Pertemuan ini berlangsung pada 16 Januari 2024, di kantor Gubernur Sulawesi Utara. Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Manado menyampaikan bahwa lembaga pendidikan tinggi menjalankan tiga fungsi utama,…

By.

min read

iainmanado.official – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, hadir dalam pembahasan pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Utara. Pertemuan ini berlangsung pada 16 Januari 2024, di kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Manado menyampaikan bahwa lembaga pendidikan tinggi menjalankan tiga fungsi utama, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “IAIN Manado sebagai perguruan tinggi telah aktif dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” ujar Prof. Ahmad Rajafi.

Rektor IAIN Manado juga memaparkan beberapa inisiatif dan kontribusi positif yang telah dilakukan oleh IAIN Manado.

“Pengabdian kami berlangsung di beberapa daerah di Sulawesi Utara, bahkan untuk di Kota Manado kita adakan pengabdian kepada masyarakat seperti di daerah Sindulang. Di sana, kami memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan ekonomi lokal, terutama di sektor kuliner.,” sambungnya.

Prof. Ahmad Rajafi menyoroti hasil positif dari pengabdian di Sindulang yang telah dipublikasikan secara nasional. “Kami berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan mendukung pemulihan ekonomi setelah kondisi kuliner di Sulawesi Utara terdampak,” tambahnya.

Pihak IAIN Manado juga telah melakukan penelitian dan pengabdian di daerah Bolmong, fokus pada peningkatan edukasi terkait prinsip syariah. Menyadari dampak negatif pinjaman online (pinjol) di wilayah tersebut, IAIN Manado berkomitmen untuk memberikan solusi edukatif yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap prinsip-prinsip syariah.

Dalam penghujung pernyataannya, Prof. Ahmad Rajafi menyampaikan harapannya terkait tahun 2024. “Kami berharap ada dana hibah untuk penelitian lebih lanjut, khususnya terkait progres ekonomi syariah. Kami telah berkomunikasi dengan staf khusus Wakil Presiden bahwa Sulawesi Utara menjadi destinasi pariwisata dan harapan beliau agar progres ekonomi syariah dapat terlihat secara nyata di permukaan,” tandasnya.

Pertemuan ini diharapkan menjadi momentum kolaborasi antara IAIN Manado dan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk terus mendukung pembangunan ekonomi berbasis syariah di wilayah tersebut.

kontributor: RM

Editor: AF

Tinggalkan Balasan