IAIN Manado Terima Kunjungan BPJPH Kemenag RI, Bahas Petunjuk Teknis Pengawasan Halal

iainmanado.official – IAIN Manado menerima kunjungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia pada hari Senin, 26 Februari 2024. Kunjungan ini berlangsung di ruang Rektor IAIN Manado dengan tujuan untuk sharing petunjuk teknis pengawasan internal pada IAIN Manado. Rombongan BPJPH yang hadir dalam kunjungan ini terdiri dari Abja Halek, Mohamad Fitri Dwi…

By.

min read

iainmanado.official – IAIN Manado menerima kunjungan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia pada hari Senin, 26 Februari 2024. Kunjungan ini berlangsung di ruang Rektor IAIN Manado dengan tujuan untuk sharing petunjuk teknis pengawasan internal pada IAIN Manado.

Rombongan BPJPH yang hadir dalam kunjungan ini terdiri dari Abja Halek, Mohamad Fitri Dwi Prihastuti, dan Vitry Aprilia. Mereka disambut oleh Wakil Rektor I IAIN Manado, Dr. Edi Gunawan, M.HI, dan Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, Dekan FEBI, Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si dan Wakil Dekan III FASYA, Dr. Frangky Suleman, M. HI.

Bapak Fitri dari BPJPH menjelaskan tentang proses penerbitan sertifikat halal melalui Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) IAIN Manado. Prosesnya dimulai dari pengajuan oleh mahasiswa IAIN Manado (jika mahasiswa yang memiliki usaha), kemudian diverifikasi oleh BPJPH dan ulama, dan terakhir disetujui kembali oleh BPJPH untuk diterbitkan sertifikat

Beliau juga menyampaikan bahwa selama 2-3 bulan petugas di LP3H IAIN Manado, tim BPJPH menemukan bahwa masih banyak pengelola yang belum memahami proses dan regulasi terkait halal. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi dan sosialisasi tentang halal masih perlu digencarkan, baik di tingkat nasional maupun regional.

Wakil Rektor I IAIN Manado, Dr. Edi Gunawan, M.HI, menyambut baik kunjungan dan sharing yang dilakukan oleh BPJPH. Beliau menyampaikan bahwa IAIN Manado masih baru dalam pengelolaan halal, sehingga masukan dan arahan dari BPJPH sangatlah penting.

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor III IAIN Manado, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, juga meminta dokumen petunjuk teknis untuk produk halal dari BPJPH. Beliau menjelaskan bahwa sertifikat halal saat ini tidak memiliki jangka waktu, namun dapat dicabut jika bahan baku produk berubah atau tidak lagi sesuai dengan standar halal.

Kunjungan BPJPH ke IAIN Manado diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan implementasi halal di lingkungan IAIN Manado. Hal ini sejalan dengan visi IAIN Manado untuk menjadi Perguruan Tinggi Islam yang unggul dan berwawasan halal. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan