IAIN Manado Gencarkan Moderasi Beragama: Sosialisasi untuk ASN Digelar dengan Antusiasme Tinggi

iainmanado.official– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melalui Rumah Moderasi Beragama menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama. Acara yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman Moderasi Beragama bagi ASN IAIN Manado tentang pentingnya moderasi beragama ini dihadiri oleh para Dosen dan Tenaga Kependidikan pada 18 Mei 2024 di The Sentra Hotel. Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi,…

By.

min read

iainmanado.official– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melalui Rumah Moderasi Beragama menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama. Acara yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman Moderasi Beragama bagi ASN IAIN Manado tentang pentingnya moderasi beragama ini dihadiri oleh para Dosen dan Tenaga Kependidikan pada 18 Mei 2024 di The Sentra Hotel.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya moderasi beragama sebagai pilar utama dalam menjaga kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat yang majemuk dan juga merupakan hal penting dalam dunia pekerjaan. “Sosialisasi Moderasi Beragama ini merupakan perencanaan kerja yang hasilnya ditracking untuk kenaikan pangkat dan jabatan, mari kita ikuti kegiatan sosialisasi ini, karena selain fungsinya sebagai edukasi juga sebagai kekuatan karena berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2023 yang di mana menyebutkan kegiatan Moderasi Beragama adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan seluruh instansi nasional dan bukan hanya lagi kegiatan dari Kementerian Agama, hal ini bisa menjadi acuan dan harapan kita sebagai penggerak Moderasi Beragama di Sulawesi Utara oleh IAIN Manado,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I, Rektor IAIN Manado, yang akan menjelaskan tentang Nilai-nilai Moderasi Beragama Perspektif Kementerian Agama dan Teologi Islam. Selain itu, hadir pula Prof. Delmus Puneri Salim, Ph.D, dosen senior IAIN Manado yang memaparkan tentang Sketsa Kehidupan beragama di Indonesia dan Nilai-nilai Universal, dan juga ada Dosen sekaligus Akademisi IAKN Manado Dr. Anita Inggrith, M.Th., Yang akan memaparkan tentang Membangun Kepeloporan Moderasi Beragama.

Selama acara, peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang tantangan yang dihadapi dalam menerapkan moderasi beragama di lingkungan mereka masing-masing. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan strategi praktis untuk mengatasi berbagai isu terkait keberagaman dan intoleransi.
Kepala Pusat Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado, Ali Amin, M.A., Ph.D., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan institusinya dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran. “salah satu tujuan besar kegiatan sosialisasi ini adalah diseminasi konsep pemahaman dan nilai-nilai Moderasi Beragama yg sudah dirumuskan oleh Kementerian Agama dalam hal ini kita berharap dengan Sosialisasi Moderasi Beragama ini menjadi hal yang bisa menguatkan visi dan misi kampus IAIN Manado sebagai kampus berbasis multikultural,” tuturnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado kembali menunjukkan komitmennya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang aktif dalam mempromosikan nilai-nilai moderasi dan toleransi di tengah masyarakat.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan