IAIN Manado Kolaborasi dengan Kemendag: Sosialisasi Kebijakan Perdagangan untuk Mahasiswa dan UMKM

iainmanado.official – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., menghadiri kegiatan Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Kemendag Classroom 2024 yang diselenggarakan di Luwansa Hotel Manado. Acara ini berlangsung pada 20 Juni 2024 dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan serta mahasiswa dan UMKM. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ahmad Rajafi menyatakan rasa syukur karena…

By.

min read

iainmanado.official – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., menghadiri kegiatan Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Kemendag Classroom 2024 yang diselenggarakan di Luwansa Hotel Manado. Acara ini berlangsung pada 20 Juni 2024 dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan serta mahasiswa dan UMKM.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ahmad Rajafi menyatakan rasa syukur karena IAIN Manado menjadi mitra Kementerian Perdagangan. Beliau juga mengumumkan bahwa IAIN Manado telah terakreditasi unggul. “IAIN Manado memiliki empat fakultas: Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Keempat fakultas ini telah melaksanakan program Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka,” ujar Prof. Ahmad.

Lebih lanjut, beliau menambahkan, “Ketika kami didatangi oleh Kementerian Perdagangan untuk bersilaturahmi, kami menyambut dengan antusias karena ini merupakan langkah yang baik untuk menyempurnakan program Merdeka Belajar yang dijalankan oleh IAIN Manado sebagai Kampus Merdeka.”

Prof. Ahmad juga menekankan pentingnya sosialisasi ini bagi mahasiswa. “Kami sangat berbahagia dengan adanya sosialisasi ini. Mahasiswa kami dapat terinspirasi dari penyampaian materi oleh para pembicara dan pelaku usaha yang hadir. Mahasiswa sekarang ini, meskipun dalam proses belajar, sudah mulai berbisnis melalui ponsel. Namun, bisnis harus dijalankan dengan benar agar tidak membahayakan,” jelasnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan yang telah mengajak IAIN Manado untuk berkolaborasi dalam kegiatan ini. “Dalam akhir sambutan, saya berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar dapat mengambil manfaat dari materi yang disampaikan, sehingga bisa menjadi jalan untuk terciptanya SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045. Kami di IAIN Manado memiliki LP3H, yaitu lembaga yang menjamin produk halal,” tutup Prof. Ahmad.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor III IAIN Manado, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag., yang mendampingi para mahasiswa. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Hubungan Antar Lembaga Non Pemerintah Kementerian Perdagangan, Bapak Virza Arigiatha, Ketua Tim Perumusan dan Analisa NSPK PMSE Kementerian Perdagangan, Ibu Hapsari Wikaningtyas, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado, Ibu Telly Pinasang, Praktisi Marketing Online, Bapak Dinar Sudianto, serta Owner De Harvest, Ibu Sri Dwi Siti Sundari.

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Kemendag Classroom 2024 ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan seluruh peserta yang hadir, serta memperkuat sinergi antara IAIN Manado dan Kementerian Perdagangan dalam mendukung program Merdeka Belajar. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan