PBAK IAIN Manado Hari Pertama Sesi Terakhir: Gambaran Umum Civitas Akademika dan Layanan Kampus

iainmanado.official-Sesi keempat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado memberikan gambaran umum tentang Civitas Akademika kepada para mahasiswa baru. Sesi ini dimoderatori oleh Mohammad Fitri H Adam, S.H.I. dan menghadirkan berbagai pemateri dari bidangnya masing-masing. Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., membuka sesi dengan menjelaskan peran bidang akademik dan pengembangan kelembagaan di IAIN…

By.

min read

iainmanado.official-Sesi keempat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado memberikan gambaran umum tentang Civitas Akademika kepada para mahasiswa baru. Sesi ini dimoderatori oleh Mohammad Fitri H Adam, S.H.I. dan menghadirkan berbagai pemateri dari bidangnya masing-masing.

Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., membuka sesi dengan menjelaskan peran bidang akademik dan pengembangan kelembagaan di IAIN Manado. Beliau memberikan panduan kepada mahasiswa baru terkait pentingnya mengoptimalkan pengalaman akademik mereka selama menempuh studi dan beliau menjelaskan terkait tugas dari Wakil Rektor I yaitu mengurusi mulai dari pendaftaran mahasiswa baru hingga mahasiswa akan diwisuda. Beliau juga menjelaskan bahwa beliau sedang mengusahakan peralihan status IAIN Manado untuk menjadi UIN.

Selanjutnya, Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag., menjelaskan tentang bidang kemahasiswaan dan kerja sama. Beliau menguraikan berbagai peluang dan program kerja sama yang bisa diikuti oleh mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri mereka, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beliau juga menjelaskan bahwa beliau juga yang menaungi bidang beasiswa untuk mahasiswa IAIN Manado.

Bidang Pengawasan Internal dijelaskan oleh Dr. Nur Fitry Latief, SE., MSA., Ak., CA., yang menekankan pentingnya pelaporan keuangan dan pengawasan anggaran dalam operasional kampus. Beliau menekankan bahwa keberlangsungan kegiatan akademik tidak terlepas dari anggaran yang terkelola dengan baik, dan bagian pengawasan memiliki tugas penting dalam memastikan hal tersebut.

Kepala Pusat Data dan Informasi (TIPD), Nur Fadli Utomo, M.Pd., menyampaikan informasi teknis mengenai layanan kampus, seperti pengambilan KRS, nomor PIN ijazah, dan berbagai sistem administrasi lainnya yang akan digunakan oleh mahasiswa selama masa studi mereka.

Mengenai pengabdian kepada masyarakat, Dr. Ardianto, M.Pd., menjelaskan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program wajib bagi seluruh mahasiswa. Beliau juga mengajak mahasiswa yang tertarik menulis opini untuk memanfaatkan platform Sahabat Religi, mengikuti Podcast Moderasi Beragama, serta berpartisipasi dalam Sekolah Riset.

Kepala Laboratorium, Aris Soleman, M.Psi., menutup pemaparan dengan menjelaskan berbagai fasilitas laboratorium yang tersedia di kampus. Mahasiswa dapat memanfaatkan labortorium psikologi, laboratorium komputer, laboratorium peradilan, serta laboratorium bahasa yang menyediakan fasilitas tes bahasa dan layanan terkait lainnya.

Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab interaktif, di mana mahasiswa baru berkesempatan untuk menggali lebih dalam tentang berbagai layanan dan fasilitas yang tersedia di IAIN Manado. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan