Geliat Ilmiah di Ujung Utara: Rumah Jurnal IAIN Manado kolaborasi RJI Sulut Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal dan Indeksasi Internasional

iainmanado.official-Aula IAIN Manado menjadi saksi geliat akademis yang signifikan hari ini, saat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sulawesi Utara bersama Rumah Jurnal IAIN Manado menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi dan Indeksasi Internasional. Acara yang dibuka secara resmi oleh Dr. Ardianto, M.Pd., Ketua LP2M IAIN Manado, menandai langkah besar dalam upaya peningkatan kualitas jurnal di Sulawesi Utara. Dalam…

By.

min read

IMG_4630

iainmanado.official-Aula IAIN Manado menjadi saksi geliat akademis yang signifikan hari ini, saat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sulawesi Utara bersama Rumah Jurnal IAIN Manado menggelar Workshop Peningkatan Akreditasi dan Indeksasi Internasional. Acara yang dibuka secara resmi oleh Dr. Ardianto, M.Pd., Ketua LP2M IAIN Manado, menandai langkah besar dalam upaya peningkatan kualitas jurnal di Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Dr. Ardianto memaparkan perkembangan jurnal di IAIN Manado dan mengapresiasi dedikasi para pengelola jurnal. “Peningkatan akreditasi dan indeksasi internasional adalah kunci untuk meningkatkan reputasi dan dampak jurnal ilmiah kita,” ujarnya. Beliau menekankan pentingnya indeksasi di basis data bereputasi untuk meningkatkan peluang sitasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan citation index dan impact factor jurnal.

Workshop ini menarik partisipasi luas, tidak hanya dari IAIN Manado, tetapi juga dari berbagai institusi seperti lnstitut Agama Islam Muhammadiyah Kotamobagu, Sekolah Tinggi Teologi Aderson Manado, Yayasan Syalom Cipta Sumikolah, Universitas Katholik De La Salle Manado, Institut Agama Kristen Negeri Manado, dan Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia Manado, dan Antmind Youth Empower Foundation yang ada di Sulawesi Utara.

Selanjutnya sambutan dari Wakil Ketua RJI Pusat Muh. Ilham Bakhtiar, memperkenalkan program-program RJI dimana Panji program RJI, PKP topik upgrade, PKP School, RJI Academy. Menyatakan komitmen RJI untuk selalu berbagi dan giatkan publikasi id Indonesia.

Faradila Hasan, M.H., Ketua Rumah Jurnal IAIN Manado sekaligus Ketua Pengurus Daerah RJI Sulut, mengungkapkan bahwa ini merupakan kegiatan perdana RJI Sulut yang diselenggarakan secara luring. “Sebelumnya, kami telah melakukan pendampingan intensif untuk sekitar 50 jurnal di Sulawesi Utara dan sekitarnya. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi pada perkembangan jurnal di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara,” jelasnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber terkemuka, termasuk Dr. Arbain, S.Pd., M.Pd. (Ketua Umum RJI), Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd., M.Pd. (Wakil Ketua Umum 1 RJI), dan Dr. Muhammad Lutfi Hakim, M.H.I (Editor in Chief Journal of Islamic Law terindeks Scopus) dan Faradila Hasan, M.H (Ketua Rumah Jurnal IAIN Manado/Ketua Pengda RJI Sulut).

Dengan diselenggarakannya workshop ini, diharapkan para pengelola jurnal di Sulawesi Utara dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam akreditasi dan indeksasi internasional. Langkah ini dinilai sebagai kontribusi signifikan dalam upaya mendorong peningkatan kualitas dan reputasi jurnal-jurnal ilmiah di wilayah ini, sekaligus memperkuat posisi Sulawesi Utara dalam peta penelitian dan publikasi ilmiah nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan