Meningkatkan Profesionalisme Humas PTKIN:Pranata Humas IAIN Manado Ikuti Capacity Building di Gorontalo

iainmanado.official – Pranata Humas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Anis Fitrohatin, S.Pd., M.Pd., turut berpartisipasi dalam kegiatan Capacity Building Kehumasan PTKIN yang diselenggarakan di Aula Rektorat Kampus 1 IAIN Sultan Amai Gorontalo, yang berlangsung mulai Jumat hingga Minggu, 04-06 Oktober 2024. Kegiatan ini bertemakan “Membangun Keterampilan Public Speaking dan Pengelolaan Media Sosial yang Profesional”…

By.

min read

WhatsApp Image 2024-10-04 at 23.42.15

iainmanado.official – Pranata Humas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Anis Fitrohatin, S.Pd., M.Pd., turut berpartisipasi dalam kegiatan Capacity Building Kehumasan PTKIN yang diselenggarakan di Aula Rektorat Kampus 1 IAIN Sultan Amai Gorontalo, yang berlangsung mulai Jumat hingga Minggu, 04-06 Oktober 2024. Kegiatan ini bertemakan “Membangun Keterampilan Public Speaking dan Pengelolaan Media Sosial yang Profesional” dan diikuti oleh para humas dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka dengan pemaparan mengenai Keputusan Menteri Agama Nomor 284 Tahun 2024 tentang Pedoman Pengelolaan Kehumasan pada Kemenag. Narasumber yang hadir, Akhmad Fauzin, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag RI, menjelaskan tujuan dari KMA tersebut. KMA ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi unit kerja dan praktisi kehumasan dalam mengelola informasi di lingkungan Kementerian Agama, serta meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Selain itu, KMA ini juga berfungsi untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi antara unit kerja dan praktisi kehumasan.

Selain materi terkait pedoman pengelolaan kehumasan, peserta juga mendapatkan materi mengenai Public Speaking dan Pengelolaan Media Sosial yang Profesional. Materi tersebut disampaikan oleh H. Kurniawan, SEI., M.AK, Kepala Tata Usaha Biro HDI Kemenag RI, yang membahas pentingnya keterampilan berbicara di depan publik serta cara-cara efektif dalam mengelola media sosial untuk membangun citra positif lembaga.

Tak kalah menarik, materi mengenai Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kehumasan bagi PTKIN dan penguatan protokol kehumasan dibawakan oleh H. Suhirman Adita, Dewan Kehormatan Forum Humas PTKIN Indonesia (FORHUMAS PTKIN). Dalam sesi ini, H. Suhirman menekankan pentingnya SOP yang jelas dalam pengelolaan kehumasan di setiap PTKIN untuk memastikan kelancaran operasional dan pencapaian tujuan komunikasi publik.

Anis Fitrohatin, Pranata Humas IAIN Manado, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan praktisi kehumasan lainnya. Pembekalan materi tentang public speaking dan pengelolaan media sosial yang profesional sangat relevan dengan tantangan zaman sekarang, di mana komunikasi digital semakin mendominasi. Saya berharap bisa mengimplementasikan apa yang kami pelajari di sini untuk meningkatkan kualitas kehumasan di IAIN Manado,” ujar Anis.

Capacity Building Kehumasan ini juga menjadi wadah penting untuk mempererat kerja sama antar humas PTKIN di Indonesia, dalam rangka menyamakan persepsi dan meningkatkan profesionalisme dalam mengelola komunikasi di lingkungan perguruan tinggi keagamaan. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan