,

APEL PAGI 24 OKTOBER 2022

iainmanado.official- Pelaksanaan Apel Pagi pada hari Senin, 24 Oktober 2022 dengan Pembina Apel Kabag Umum, Abjan Rondonuwu, S.Ag., masih dalam suasana memperingati hari santri. Nampak hadir mengikuti Apel, Warek II, Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si., Kasubbag Umum, para Kabag, Kepala Unit dan Lembaga. Santri dikenal dengan kemampuannya dalam berbagai bidang keilmuan, khusunya ilmu di bidang…

By.

min read

iainmanado.official- Pelaksanaan Apel Pagi pada hari Senin, 24 Oktober 2022 dengan Pembina Apel Kabag Umum, Abjan Rondonuwu, S.Ag., masih dalam suasana memperingati hari santri. Nampak hadir mengikuti Apel, Warek II, Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si., Kasubbag Umum, para Kabag, Kepala Unit dan Lembaga.


Santri dikenal dengan kemampuannya dalam berbagai bidang keilmuan, khusunya ilmu di bidang Agama yang begitu mumpuni. Ada sebuah kisah pada suatu daerah terdapat dua Ustadz yang bisa berbahasa Arab, dan uniknya pada daerah tersebut jika berkhutbah menggunakan Bahasa Arab meskipun para Jama’ahnya tidak mengerti apa yang disampaikan oleh Ustadz yang berkhutbah. Dua ustadz tersebut ustadz A dan Ustadz B.


Suatu ketika ustadz A diberi amplop 40 ribu setelah khutbah, pada hari Rabu ustadz yg kehabisan uang belanja mengadakan sholat jumat pada hari rabu, dibunyikan beduk sholat jumat, para Jamaah heran namun mereka mematuhi ustadznya. Setelah itu ada ustadz A berkhutbah di mimbar dan Ustadz B temannya baru masuk ke Masjid karena mendengar belum waktunya Sholat Jumat namun ada beduk Sholat Jumat. Ustadz A berkata kepada Ustadz B yaa ayyuhadilun, Udhulu waskutu wala tatakallamu Haaulaai Jamaah Laa ya’lamuna allughotal arobiyah, ba’da hadza ana isyruna wa anta isyruna. (Wahai orang yang baru masuk, masuklah, diam dan jangan berkata apapun, sesungguhnya para Jamaah ini tidak ada yang mengerti Bahasa Arab, setelah ini saya 20 ribu dan bagianmu 20 ribu). Kisah tersebut memberikan hikmah kepada kita semua bahwa memperdalam ilmu Agama itu penting apalagi ilmu alat Bahasa Arab yang menjadi bahasa Sholat, Al-Qur’an, Hadits, literatur keilmuan seperti kutubu turrots dll. (Adm/AF)