Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah: IAIN Manado Berkolaborasi dengan OJK

  • Home
  • Berita
  • Berita
  • Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah: IAIN Manado Berkolaborasi dengan OJK

iainmanado.official- Wakil Rektor I IAIN Manado, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., membuka kegiatan Training of Trainers (ToT) Duta Literasi Keuangan Syariah di Kantor OJK Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) pada hari Selasa, 05 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara IAIN Manado dan OJK dalam upaya meningkatkan literasi keuangan syariah di kalangan masyarakat. Dr. Edi Gunawan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ToT yang diselenggarakan oleh OJK Sulutgomalut dan melibatkan mahasiswa IAIN Manado sebagai peserta.

Beliau menekankan pentingnya literasi keuangan syariah di tengah perkembangan ekonomi syariah yang semakin pesat.

“Pangsa pasar keuangan syariah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Namun, terdapat banyak hal yang menjadi perhatian, seperti gap antara keuangan syariah dan keuangan konvensional masih tinggi,” jelas Dr. Edi Gunawan. “Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap keuangan syariah masih rendah.

Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya literasi keuangan syariah yang hanya mencapai kurang lebih 10%,” imbuhnya.

Kegiatan ToT ini menghadirkan narasumber Mouren Morina Monigir analis kantor OJK Sulutgomalut. Dan nampak hadir perwakilan dari OJK Sulutgomalut yaitu  Rizky betadi putra – analis senior kantor OJK Sulutgomalut.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan keuangan syariah, produk dan jasa keuangan syariah, lembaga keuangan syariah, dan tips terhindar dari lembaga keuangan ilegal.

Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang bahaya pinjaman online (pinjol) dan cara-cara agar tidak terjebak dalam jeratan pinjol ilegal.

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa IAIN Manado dapat menjadi duta literasi keuangan syariah bagi masyarakat di lingkungannya.  “Mahasiswa diharapkan mampu menyebarkan informasi dan edukasi tentang keuangan syariah kepada masyarakat dengan cara yang kreatif dan inovatif,” ujar Dr. Edi Gunawan.

Kegiatan ToT Duta Literasi Keuangan Syariah ini merupakan salah satu bentuk komitmen IAIN Manado dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Kontributor: EG

Editor: AF

Leave A Comment

Kontak

Jl. Dr. S.H. Sarundajang Kompleks Ringroad
+62 822 9665 5053
07:30 - 16:00 WITA
X