Rektor IAIN Manado Menjadi Narasumber pada Pelatihan e-Learning Keluarga Sakinah dan Produk Halal

iainmanado.official- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, menjadi pemateri pada Pelatihan berbasis e-Learning/LMS (Pelatihan Jarak Jauh) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Manado. Acara berlangsung pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, dan dihadiri oleh peserta dari pelatihan Keluarga Sakinah Angkatan I serta pelatihan Produk Halal Angkatan I. Dalam pelatihan ini,…

By.

min read

iainmanado.official- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, menjadi pemateri pada Pelatihan berbasis e-Learning/LMS (Pelatihan Jarak Jauh) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Manado. Acara berlangsung pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, dan dihadiri oleh peserta dari pelatihan Keluarga Sakinah Angkatan I serta pelatihan Produk Halal Angkatan I.

Dalam pelatihan ini, Rektor IAIN Manado membawakan materi bertema “NILAI-NILAI DASAR SDM KEMENAG”. Dalam paparannya, beliau menekankan pentingnya peran sebagai pelayan masyarakat. Beliau menggarisbawahi integritas sebagai aspek utama yang harus dijaga oleh para pelayan publik. Selain itu, beliau mendorong peserta untuk selalu bersemangat dalam belajar, karena berhenti belajar berarti menanamkan kebodohan pada diri sendiri dan nantinya akan berhenti berinovasi.

Rektor Rajafi juga memperingatkan tentang bahaya merasa lebih pintar daripada orang lain, yang seringkali menyebabkan sikap merendahkan orang lain. Beliau mengajak peserta untuk menghindari sikap arogansi ini dan selalu memegang prinsip kesederhanaan dalam berinteraksi dengan sesama.

 

Selain itu, dalam materinya, Rektor Rajafi menyoroti tagline pemerintah yaitu “BerAKHLAK,” yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Beliau menekankan pentingnya para pelayan publik memiliki sifat-sifat ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sesi pelatihan ditutup dengan tanya jawab interaktif, di mana peserta dapat berdiskusi lebih lanjut dengan Rektor IAIN Manado. Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi peserta pelatihan dalam memahami nilai-nilai dasar yang penting dalam pelayanan publik dan mempromosikan konsep Keluarga Sakinah serta produk halal di masyarakat. (Adm/AF)