IAIN Manado Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024: Perkuat Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas

iainmanado.official- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Rektorat IAIN Manado pada 01 Oktober 2024. Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir dalam acara tersebut jajaran pejabat penting di lingkungan IAIN Manado,…

By

min read

IMG_7625-1024×683

iainmanado.official- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Rektorat IAIN Manado pada 01 Oktober 2024. Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran pejabat penting di lingkungan IAIN Manado, mulai dari para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Ketua Lembaga, Kepala Unit, para Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi, serta para pegawai, baik ASN maupun non-ASN.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan cita-cita bangsa menuju masa depan yang lebih cerah.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, menyampaikan Ikrar yang menjadi bagian penting dari peringatan ini. Beliau menegaskan bahwa sejak diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rongrongan tersebut, menurutnya, dimungkinkan oleh kelengahan dan kurangnya kewaspadaan bangsa terhadap upaya-upaya yang bertujuan menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Namun, dengan semangat kebersamaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia tetap mampu memperkokoh tegaknya NKRI. “Kita harus terus memperkuat persatuan dan kesatuan dengan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam setiap langkah kita, demi Indonesia yang lebih maju dan berdaulat,” ujar Prof. Dr. Ahmad Rajafi.

Upacara ini menjadi momen refleksi bagi seluruh civitas akademika IAIN Manado untuk menguatkan kembali komitmen dalam menjaga Pancasila sebagai dasar negara serta memperkokoh persatuan dan kesatuan demi tercapainya Indonesia Emas di masa mendatang. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan