Evaluasi Reakreditasi Prodi IAIN Manado: Progres dan Target Unggul

iainmanado.official- IAIN Manado mengadakan kegiatan evaluasi reakreditasi Prodi pada Kamis, 26 September 2024, bertempat di Aula Rektorat IAIN Manado. Acara ini dipimpin oleh Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Mutmainah, M.Pd. Agenda utama dalam evaluasi ini adalah membahas perkembangan dan persiapan reakreditasi beberapa program studi (prodi) yang…

By

min read

IMG_7581-1024×683-1

iainmanado.official- IAIN Manado mengadakan kegiatan evaluasi reakreditasi Prodi pada Kamis, 26 September 2024, bertempat di Aula Rektorat IAIN Manado. Acara ini dipimpin oleh Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Mutmainah, M.Pd. Agenda utama dalam evaluasi ini adalah membahas perkembangan dan persiapan reakreditasi beberapa program studi (prodi) yang akan menghadapi proses reakreditasi dalam waktu dekat.

Beberapa prodi yang dijadwalkan untuk reakreditasi meliputi:

  1. S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI),
  2. S2 Hukum Keluarga,
  3. S1 Hukum Keluarga,
  4. S1 Ekonomi Syariah,
  5. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),
  6. S1 Psikologi Islam.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Dr. Mutmainah, M.Pd., dijelaskan bahwa setiap prodi telah memiliki jatah penganggaran untuk proses reakreditasi.  “Usahakan submit tidak lewat bulan Desember 2024, dan untuk Lamdik, batas akhir pengajuan borang adalah Februari 2025. Kalau bisa, sebelum deadline borang sudah disubmit,” jelasnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa Prodi S1 Ekonomi Syariah yang berada di bawah akreditasi Lamemba telah selesai diperiksa oleh asesor Lamdik. Target yang ingin dicapai oleh IAIN Manado adalah akreditasi unggul, baik di bawah BAN PT untuk prodi S1 dan S2 Hukum Keluarga serta Psikologi Islam, maupun untuk prodi-prodi yang berada di bawah Lamdik, seperti PIAUD dan MPI S2, serta Ekonomi Syariah di bawah Lamemba.

Terkait jadwal pengajuan akreditasi, Dr. Mutmainah menguraikan bahwa beberapa prodi akan disubmit ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada bulan Oktober, yaitu Prodi S1 Hukum Keluarga, S2 Hukum Keluarga, dan S1 Psikologi Islam. Sementara itu, Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam dan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) akan disubmit ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) pada bulan November. Untuk Prodi S1 Ekonomi Syariah, borangnya akan disubmit pada bulan November di bawah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Lamemba).

Setelah paparan dari Ketua LPM, Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, memberikan kesempatan kepada tim borang dari masing-masing prodi untuk mempresentasikan progres dan kendala yang mereka hadapi dalam penyusunan borang. Presentasi ini diharapkan dapat menjadi forum untuk mencari solusi bersama atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh tim borang, sehingga proses reakreditasi dapat berjalan lancar.

Seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan tim borang dari himaprodi di IAIN Manado, yang berperan penting dalam memastikan kelengkapan dokumen dan persiapan akreditasi masing-masing prodi. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan